Layanan Dusun

Pelayanan dusun mengacu pada berbagai layanan yang disediakan oleh pemerintah pekon kepada penduduk dan masyarakat di wilayah dusun. Tujuan utama dari pelayanan dusun adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memfasilitasi pembangunan di tingkat dusun, dan memenuhi kebutuhan dasar penduduk dusun. Pelayanan pekon di tingkat dusun mencakup berbagai aspek, seperti pelayanan administratif, sosial, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa contoh pelayanan dusun yang umum:

Pelayanan Administratif

  • Pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil (kelahiran, kematian, perkawinan, dll.).
  • Penerbitan surat-surat administratif (kartu keluarga, KTP, surat keterangan, dll.).
  • Pengelolaan data dan informasi dusun.

Pelayanan Kesehatan

  • Puskesmas atau posyandu untuk pelayanan kesehatan dasar.
  • Program imunisasi dan kesehatan ibu dan anak.
  • Pengelolaan dan distribusi obat-obatan dasar.
  • Kegiatan Posyandu.

Pelayanan Infrastruktur

  • Pemeliharaan jalan, jembatan, dan saluran irigasi.
  • Penyediaan air bersih dan sanitasi.
  • Pengelolaan sampah.
  • Pengelolaan Dana Desa tingkat Dusun

Pelayanan Keamanan dan Ketertiban

  • Perlindungan masyarakat dari tindak kriminal dan kebakaran.
  • Pengelolaan ketertiban dan keamanan di tingkat dusun.